Social Icons

Rabu, 12 Januari 2011

Coretan kecil untuk angkatanku dan himpunanku...

Kawan, aku hanya ingin menuliskan apa yang ada dalam pemahamanku. Jika ada yang lebih paham daripada aku, aku sangat berharap dia mau berbagi denganku dan kita semua, karena keterbatasan ilmu yang aku miliki dan keterbatasan pengetahuanku akan hal ini. Semoga ini menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi kita semua...

Hal yang ingin aku tulis disini adalah tentang diskusi-diskusi kita beberapa hari terakhir ini. Tapi sebelumnya aku mohon maaf jika tindakanku membuat tulisan ini adalah suatu hal yang ternyata kurang berkenan...(jaga-jaga iki... hhe ) ^^

Luar biasa sekali ternyata orang-orang yang hebat di sekitarku selama ini, yang berusaha membangun almamater tercinta dengan sesuatu yang berharga. Btw alias ngomong2 masalah ini, langsung aja nih... tentang amanah sebagai kahima. Wah... lagi jadi isu hot di angkatan kita tercinta... begini kawan, aku hanya ingin menyampaikan sesuatu yang pernah aku dapatkan, aku pengen share dengan teman2 semua, barangkali ternyata yg aku dapatkan ini masih kurang bisa aku pahami.

Ada beberap kisah nyata yang aku dapatkan dari beberapa buku, tapi kali ini aku ambil dari situs yang memberikan cerita sama dengan yang aku baca sebelumnya. Ada seorang yang bernama Abu Dzar bertanya kepada nabinya.

Dari Abu Dzar ra. Berkata : aku bertanya kepada Nabi SAW, mengapa beliau tidak  memberi jabatan/amanah kepadaku. Maka Nabi saw menepuk bahuku dan berkata ” Wahai Abu Dzar, sesungguhnya kamu adalah orang yang lemah sedangkan jabatan/amanah adalah suatu kepercayaan yang pada hari kiamat merupakan suatu kehinaan dan penyesalan. Kecuali bagi pejabat/pemegang amanah yang dapat memanfaatkan kewajiban sebaik-baiknya. (HR. Bukhari. Riyadush Shalihin hal-281).


Nah, dari sana aku menangkap bahwa yang namanya memegang amanah itu tidak mudah ternyata, bukan sesuatu yang patut dibanggakan tetapi sesuatu yang nantinya bakal dipertanggungjawabkan. Bahkan disana disebutkan bahwa amanah itu akan menjadi kehinaan dan penyesalan jika orang yang mendapat amanah itu tidak dapat memanfaatkannya dengan sebaik-baiknya. Bagaimana pendapatmu kawan?? ^^
Dalam suatu cerita lain juga, Nabi mengingatkan sahabatnya. Begini kisahnya:

Dalam sebuah hadis riwayat Bukhari, Muslim, al-Tarmidzi, al-Nasa-i, dan Ahmad, Nabi mengingatkan Abdurrahman (bukan bin Wahid) tapi bin Samurah      :
Hai Abdurrahman, “jangan meminta jabatan/amanah”. Sebab jika kamu diberi jabatan/amanah karena memintanya, maka kamu akan terbebani. Sedangkan jika kamu diberi jabatan tanpa memintanya, kamu akan ditolong dalam mengembannya.

Nah, kalo dari cerita itu, aku mendapatkan pelajaran bahwa jika kita mengharapkan suatu amanah, maka yang bertanggung jawab atas amanah itu adalah diri kita sendiri. Sedangkan jika amanah itu datang dengan sendirinya kepada kita, karena memang kita adalah orang yang tepat untuk mengemban amanh itu, maka yang menjamin kita dalam mengemban amanah itu adalah suatu Dzat yang tiada banding, yaitu Tuhan kita.

Jadi, pada intinya,., menurut cerita-cerita di atas, sebenarnya kita tidak perlu mengharapkan suatu amanah kawan. Kewajiban kita adalah terus mengakselerasi, meng’upgrade kemampuan diri, agar ketika amanah itu datang pada kita, kita sudah siap. Ini bukan berarti kita tidak Niat/ punya keinginan untuk memajukan suatu kelompok kawan, tapi justru dengan usaha untuk terus mengasah diri, meng’upgrade kemampuan, maka itulah bukti bahwa kita sebenarnya telah berniat untuk memberikan yang terbaik untuk almamater kita. 

Bagaimana???

Jadi, siapapun nanti yang akan memimpin kita kawan, memimpin himpunan kita tercinta adalah orang yang siap denagn amanah itu. Dan tentunya harapan kita semua adalah semoga orang yang nantinya mendapatkan amanah itu adalah orang yang benar-benar pilihan terbaik dari Allah melalui tangan-tangan kita yang memilihnya.

Ayo...mangga kalo sebelumnya sudah disepakati, SEMUA punya peluang untuk mendapatkan amanah itu, maka mulai sekarang segera meng’upgrade kemampuan kita masing-masing, siapa tahu ANDA-lah orang yang terpilih itu kawan... so, siapkan diri kita masing2 ya..... keep moving coz our God!!! Get the true way from our God... ^^v (salam hangat dari kawanmu selama ini sebenarnya selalu merindukan kehangatan persahabatan dan kekeluargaan di Leviathan, afwan...)


Himpunan kita tercinta... milik kita bersama....
Dalam hati teriakkan pekik semangat kita.... VIVAT KELAUTAN!!!

2 komentar:

  1. SubhanAllah...
    Great artwork guys...!!
    Btw(gomong2),, kayaknya Bang Arif sudah siap jadi pengemban amanah nie... semangat bang,,, terus mengupgrade diri dan membagi pengetahuan buat orang lain, khususnya ane,,,

    O iya,, ni blog ane yang baru direparasi; idotama.blogspot.com,,,
    yach g sbagus punya abang,, tp gpplah,, namanya juga baru pemula,, tp ttep brsaha mengupgrade,,,

    BalasHapus
  2. satu tahun yang lalu....

    sekarang sudah terjawab mas... ^^b

    BalasHapus

 
 
Blogger Templates